5 Fakta Salah Tentang Alam | Berita Terkini

You are here:
Home » Info Terbaru » 5 Fakta Salah Tentang Alam

5 Fakta Salah Tentang Alam

 

Berita Terbaru

true false 5 Fakta Salah Tentang Alam
1. Dari Manakah Asal Unta ?
Jawabannya adalah Amerika Utara
Icon gurun pasir Afrika dan Arab itu ternyata berasal dari Amerika. Seperti halnya kuda dan anjing, unta muncul di padang rumput Amerika, 20 juta tahun yang lalu. Pada masa itu, mereka tampak lebih mirip jerapah atau gazelle. Baru 4 juta tahun yang lalu mereka melintasi daratan penghubung Bering menuju Asia.
Unta punah di Amerika Utara selama jaman es yang terakhir dan tidak seperti kuda dan anjing, unta tidak pernah kembali kesana lagi.
2. Makhluk Hidup Apa Yang Terbesar di Bumi ?
Jawabannya adalah jamur
Dan bahkan bukan jenis jamur yang langka. Jika Anda punya jamur madu (Armillaria ostoyae) yang biasanya tumbuh di kebun Anda, maka berharaplah jamur tersebut tidak mencapai ukuran spesimen tebesar yang pernah tercatat, yaitu yang ada di Hutan Nasional Malheur di Oregon. Jamur tersebut melingkupi 890 hektar dan usianya antara 2.000 hingga 8.000 tahun. Sebagian besar jamur tersebut terletak dibawah tanah dalam bentuk karpetmasif mycelia (seperti akar) berwarna putih yang mirip tentakel.

3. Gunung Apa Yang Paling Tinggi di Dunia ?
Jawabnya adalah Gunung Olympus atau Olympus Mount
Dengan tinggi ±22 km dan lebar± 624 km (bandingkan dengan G.Everest yang tingginya cuman ±8,848 km), menjadikan gunung yang terdapat di Mars tersebut menjadi gunung tertinggi dan terlebar yang pernah ditemukan, bahkan kawahnya memiliki lebar 72 km dengan kedalaman 3 km(cukup besar untuk menelan kota London).
Walau demikianlah, gunung olympus tidaklah curam layaknya yang dipikirkan beberapa orang, kemiringannya yang amat landai pada satu atau tiga derajat bermakna anda apalagi tidak berkeringat waktu mendakinya.

4. Dimanakah Tempat Paling Kering di Dunia ?
Jawabannya adalah Di Antartika
Sebagian besar wilayah benua ini tidak pernah mendapat hujan selama 2 juta tahun.Walaupun memang, curah hujan di Gurun Sahara hanya 25 mm setahun, kurang lebih sama dengan curah hujan di Antartika, tetapi 2% dari wilayah Antartika yang dikenal sebagai Lembah-Lembah Kering sama sekali tidak memiliki salju dan es dan tak pernah dituruni hujan.
Kondisi-kondisi unik di Lembah-Lembah Kering Antartika tersebut disebabkan oleh apa yang dinamakan angin katabatic. Angin ini muncul ketika udara yang dingin dan pekat ditarik ke bawah hanya dengan kekuatan gravitasi. Kecepatan angin ini dapat mencapai 320 km/jam, menguapkan semua yang basah, air, es,dan salju dalam pergerakannya.

5. Apa Warna Air ?
Jika anda berpendapat bahwa air itu tidak berwarna atau warnanya bening/transparan, sedangkan warna biru itu hanya didapatkan dari pantulan dari langit, maka jawaban anda salah.
Air memanglah benar – benar berwarna biru, meskipun amat pucat. anda bisa meihat ini di alam bila anda melongong kedalam sesuatu lubang yang didalam di salju/es. bila anda mendapatkan sesuatu kolam yang amat putih, isilah dengan air serta tengok lurus-lurus melewatinya, tentu airnya berwarna biru. 
Tak hanya warna yang didapat dari pantulan sinar di langit, terkadang laut juga berwarna hijau cemerlang meskipun dibawah langit yang biru cerah. itu dikarenakan dikarenakan oleh tanaman mikoskopik serta ganggang yang memiliki kandungan konsentrasi tinggi.

(Sumber : berbagi-10.blogspot)

Sumber Artikel : http://bimoinbox.blogspot.com/2013/05/5-fakta-salah-tentang-alam.html

Posted by Tags: , , , , , , , , , , 0 Responses
     
May
31
2013
 
 
Berita Terkini Search form
Statistik